Cute Rocking Baby Monkey TUGAS PKN : Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan | gudang ceritaku
RSS

9.12.2014

TUGAS PKN : Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan



Pancasila Sebagai Sumber Nilai Dan Paradigma Pembangunan


Pancasila Sebagai Sumber Nilai



Pancasila memuat nilai – nilai luhur untuk dapat menjadi dasar Negara.  Ada 3 nilai yang terdapat dalam pancasila :
                         Nilai Dasar adalah asas-asas yang berasal dari nilai budaya bangsa Indonesia yang bersifat abstrak dan umum, relatif tidak berubah namun maknanya selalu dapat disesuaikan dengan perkembangan zaman.  Artinya nilai dasar itu bisa terus menerus ditafsirkan ulang baik makna maupun implikasinya.  Melalui penafsiran ulang itulah akan didapat nilai baru yang lebih operasional sesuai dengan tantangan zaman.  Adapun nilai dasar yang terkandung dalam Pancasila adalah Ketuhanan, kemanusiaan, Persatuan, Kerakyatan (musyawarah-mufakat), dan Keadilan.

                   Nilai Instrumental, yaitu  penjabaran dari nilai dasar yang berbentuk norma sosial dan norma hukum.  Seperti UUD 1945, Tap MPR, UU No.  40 tahun 1999 tentang Pers, UU No. 2 Tahun 1999 tentang partai politik, UU No. 39 Tahun 1999 tentang HAM, dll.

        Nilai Praktis  adalah nilai  yang dilaksanakan dalam kenyataan hidup sehari-hari yang menandakan apakah nilai dasar atau instrumental masih hidup di tengah masyarakat, berbangsa dan bernegara.  Contoh nilai praksis seperti saling menghormati, toleransi, kerja sama, kerukunan,  bergotong royong,  menghargai, dll.
     
        NILAI-NILAI YANG TERKANDUNG DALAM PANCASILA DAN REALISASINYA
        a.       Sila Ketuhanan Yang Maha Esa,
        terkandung nilai religius antara lain:
             Keyakinan terhadap adanya Tuhan Yang Maha Esa.Ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, dengan  menjalankan semua perintahNya dan menjauhi laranganNya. Nilai-nilai Sila I meliputi dan menjiwai sila II, III, IV, dan V.
          
        b.    Sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
         terkandung nilai-nilai antara lain:
                              Pengakuan terhadap adanya martabat manusia.
                  Pengertian manusia yang beradab terhadap sesama manusia. Nilai Sila II diliputi dan dijiwai Sila I, meliputi dan menjiwai Sila III, IV, dan V.
 

        c.       Sila Persatuan Indonesia
         terkandung nilai persatuan antara lain:
                        Persatuan Indonesia adalah persatuan bangsa yang mendiami wilayah Indonesia.
                        Bangsa Indonesia adalah persatuan Suku-suku yang meliputi wilayah Indonesia. Nilai-nilai Sila III diliputi dan dijiwai Sila I, II meliputi dan menjiwai sila IV dan V.
                      
  
      d.    Sila Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmah Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan           terkandung nilai-nilai antara lain :
           Kedaulatan adalah di tangan rakyat. Musyawarah untuk mufakat dicapai dalam permusyawaratan wakil-wakil rakyat. Nilai Sila IV diliputi dan dijiwai Sila I, II, III meliputi dan menjiwai sila V.

        e.       Sila Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
                          
         terkandung nilai keadilan Sosial antara lain:
        Perwujudan Keadilan sosial dalam kehidupan sosial atau kemasyarakatan meliputi seluruh rakyat Indonesia.

       Cita-cita masyarakat Indonesia adil makmur, materiil dan spiritual yang merata bagi seluruh rakyat Indonesia.
                             Keseimbangan antara hak dan kewajiban, menghormati hak orang lain.
                 Cinta akan kemajuan dan pembangunan.
                    Nilai sila V diliputi dan dijiwai Sila I, II, III, IV dan V.
       

           
                      PENGERTIAN PARADIGMA PEMBANGUNAN

Istilah pembangunan menunjukan adanya pertumbuhan, perluasan ekspansi yang bertalian dengan keadaan yang harus digali dan dibangun agar dicapai kemajuan dimasa yang akan datang. Didalam proses pembangunan terdapat perubahan yang terus menerus diarahkan untuk menuju kemajuan dan perbaikan ke arah tujuan yang diciptakan. Dengan kata lain, pembangunan merupakan suatu proses perubahan yang direncanakan dan mencakup semua aspek kehidupan untuk ,mewujudkan tujuan hidup.
Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa secara umum paradigma pembangunan adalah suatu model, pola yang merupakan sistem berfikir sebagai upaya untuk melaksanakan perubahan yang direncanakan guna mewujudkan cita-cita kehidupan masyarakat menuju hari esok yang lebih baik.

                        Pancasila Sebagai Paradigma Pembangunan

Kita tentunya tahu rumusan Pembukaan Undang – Undang dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 alenia IV. Dalam rumusan tersebut dinyatakan bahwa tujuan negara Republik Indonesia adalah melindungi segenap bangsa indonesia dan seluruh tumpah darah indonesia; memajukan kesejahteraan umum; mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, maka bangsa indonesia menyelenggarakan proses pembangunan nasional.
Pembangunan nasional merupakan usaha peningkatan kualitas manusia dan masyarakat Indonesia yang dilakukan secara berkelanjutan, berlandaskan kemampuan nasional dengan memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta memperhatikan tantangan perkembangan global. Dalam pelaksanaanya, pembangunan nasional mengacu pada kepribadian bangsa dan nilai – nilai luhur yang universal untuk mewujudkan kehidupan bangsa yang berdaulat, mandiri, berkeadilan, sejahtera, maju serta kokoh kekuatan moral dan etikanya. Oleh sebab itu, untuk mencapai semua itu bangsa dan negara Indonesia harus menjadikan pancasila sebagai paradigma pembangunan


1.      Pancasila sebagai paradigma pembangunan ekonomi
Sesuai dengan paradigma pancasila dalam pembangunan ekonomi maka sistem dan
pembangunan ekonomi berpijak pada nilai moral daripada pancasila. Secara khusus,
sistem ekonomi harus mendasarkan pada dasar moralitas ketuhanan (sila I
Pancasila) dan kemanusiaan ( sila II Pancasila). Hal ini untuk menghindari adanya persaingan bebas. Ekonomi yang humanistik mendasarkan pada tujuan demi menyejahterakan rakyat luas. Sistem ekonomi tidak hanya mengejar pertumbuhan , tetapi demi kesejahteraan seluruh bangsa. Tujuan ekonomi adalah memenuhi kebutuhan manusia agar manusia menjadi lebih sejahtera. Oleh karena itu, kita harus menghindarkan diri dari persaingan bebas dan monopoli yang berakibat pada penderitaan manusia dan penindasan atas manusia satu dengan lainnya. Negara kita melangsungkan ekonomi berasas kekeluargaan.
Pancasila sebagai paradigma pengembangan ekonomi lebih mengacu pada Sila Keempat Pancasila. Sementara pengembangan ekonomi lebih mengacu pada pembangunan Sistem Ekonomi Indonesia. Dengan demikian menunjuk pada pembangunan Ekonomi Kerakyatan atau pembangunan Demokrasi Ekonomi atau pembangunan Sistem Ekonomi Indonesia atau Sistem Ekonomi Pancasila.
Bukti real dari pembangunan ekonomi:
a.       UUD 1945 Pasal 33 ayat 1 yang berbunyi : Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas azas kekeluargaan
b.      UUD 1945 pasal 33 ayat 4 yang berbunyi : Perekonomian nasional diselenggarakan berdasar atas demokrasi ekonomi dengan prinsip kebersamaan, efisiensi berkeadilan, berkelanjutan, berwawasan lingkungan, kemandirian, serta dengan menjaga keseimbangan kemajuan dan kesatuan ekonomi nasional.
c.       Simpan pinjam dengan adanya koperasi bukan dengan rentenir


             2.     Pancasila sebagai paradigma pembangunan politik
Warga Indonesia sebagai warga negara harus ditempatkan sebagai subjek atau
pelaku politik bukan sekadar sebagai objek politik. Karena pancasila bertolak dari kodrat
manusia maka pembangunan politik harus dapat meningkatkan harkat dan martabat
manusia. Sistem politik Indonesia yang bertolak dari manusia sebagai subjek
harus mampu menempatkan kekuasaan tertinggi pada rakyat. Kekuasaan yang dimaksud adalah kekuasaan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Sistem politik Indonesia yang sesuai pancasila sebagai paradigma adalah sistem politik demokrasi bukan otoriter.
Berdasarkan hal tersebut, sistem politik Indonesia harus dikembangkan atas asas
kerakyatan yaitu terletak pada sila ke IV Pancasila.
Pengembangan selanjutnya adalah sistem politik didasarkan pada asas-asas moral daripada sila-sila pada pancasila
Bentuk realnya :
a.       UUD 1945 Pasal 1 ayat 1 yang berbunyi : Negara Indonesia ialah Negara Kesatuan, yang berbentuk Republik.
b.      UUD 1945 Pasal 1 ayat 2 yang berbunyi : Kedaulatan berada di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut Undang-Undang Dasar.
c.       UUD 1945 Pasal 1 ayat 3 yang berbunyi : Negara Indonesia adalah negara hukum.
d.      Penyelenggaraan Pemilu yang Luberjurdil

            3.      Pancasila sebagai paradigma pembangunan pendidikan
Pancasila sebagai paradigma pembangunan pendidikan merupakan salah satu aspek yang penting untuk membangun pendidikan di Indonesia. Pendidikan pada hakikatnya adalah usaha dasar untuk mengembangkan kepribadian dan kemampuan atau keahlian dalam kesatuan organis harmonis dinamais, di dalam dan di luar sekolah dan berlangsung seumur hidup.
Bukti realnya :
Pasal 31 ayat 1,2,3,4,5, berbunyi :
Ayat 1 : Setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan
Ayat 2 : Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya
Ayat 3 : Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional,yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa ,yang diatur dengan undang-undang
Ayat 4 : Negara memprioritaskan anggaran pendidikan sekurang kurangnya 20 % dari anggaran pendapatan dan belanja negara serta dari anggaran pendapatan dan belanja daerah untuk memenuhi kebutuhan penyelenggaraan nasional
Ayat 5 : Pemerintah memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menjunjung tinggi nilai nilai agama dan persatuan bangsa untuk kemajuan peradapan kesejahteraan umat manusia
4.      Pancasila sebagai paradigma pembangunan budaya :
Dalam pengembangan sosial budaya pada masa reformasi, kita harus meningkatkan nilai-nilai yang ada dalam pancasila. Prinsip etika Pancasila pada hakikatnya bersifat humanstik, ynag artinya nilai-nilai pancasila mendasar pada nilai yng bersumber dari harkat dan martabat manusia sebagai makhluk yang berbudaya.
Bukti real :
a.       Kita harus selalu melestarikan budaya yang ada.
b.      UUD 1945 Pasal 32 yang berbunyi : Pemerintah memajukan kebudayaan nasional Indonesia.
c.       Bangsa Indonesia yang bersifat kebarat-baratan
5.      Pancasila sebagai paradigma pembangunan sosial :
Pembangunan sosial yang menghasilkan manusia-manusia kejam, brutal dan bersifat anarkis jelas bertentangan dengan cita-cita menjadi manusia adil dan beradab. Manusia tidak cukup sebagai manusia secara fisik, tetapi harus mampu meningkatkan derajat kemanusiaannya. Manusia harus dapat mengembangkan dirinya dari tingkat homo menjadi human.Berdasar sila persatuan Indonesia, pembangunan sosial budaya dikembangkan atas dasar penghargaan terhadap nilai sosial dan budaya-budaya yang beragam siseluruh wilayah Nusantara menuju pada tercapainya rasa persatuan sebagai bangsa.
Bukti real :
a.       UUD 1945 Pasal 28A yang berbunyi : Setiap orang berhak untuk hidup serta berhak mempertahankan hidup dan kehidupannya.
b.      UUD 1945 Pasal 28B ayat 2 yang berbunyi : Setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh, dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.
c.       UUD 1945 Pasal 28C ayat 1 yang berbunyi : Setiap orang berhak mengembangkan diri melalui pemenuhan kebutuhan dasarnya, berhak mendapat pendidikan dan memperoleh manfaat dari ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya, demi meningkatkan kualitas hidupnya dan demi kesejahteraan umat manusia.



 SOAL

1.       Pancasila sebagai ideologi terbuka haruslah bersifat dinamis, hal ini mengandung pengertian bahwa Pancasila mampu ….
a.       menyesuaikan diri terhadap tuntutan perkembangan zaman
b.      mewujudkan kehidupan yang berkeadilan dan keberadaban
c.       membangkitkan kesadaran hidup dalam berbangsa dan bernegara
d.      mengembangkan sikap saling mencintai dengan penuh kesadaran
e.      mewujudkan demokrasi dalam kehidupan politik, ekonomi, dan sosial
2.       Yang merupakan ciri idiologi terbuka adalah....
a.       Berlaku untuk semua aspek kehidupan
b.      Isinya tidak langsung opersional
c.       Nilai-nilainya dipaksakan dari luar
d.      Merupakan kerangka gagasan yang beku dan mati
e.      Keberlakuan isinya mutlak
3.      Sebagai idiologi terbuka, Pancasila sebaiknya.....
a.        Disesuaikan dengan idiologi lain
b.      Dipadukan dengan idiologi lain
c.        Dibuatkan penafsiran resmi
d.      Ditafsirkan ulang
e.        Dikontraskan dengan idiologi lain
4.      Ideologi adalah kesadaran palsu. Pendapat ini dikemukakan oleh....
a. Karl Marx
b. Jorge Larrin
c. Nicollo Machiavelli
d. Louis Althusser
e. Antoine Destut de Tracy

5.      Istilah Ideologi dalam penerapan idea atau gagasan-gagasannya, lebih banyak berhubungan dengan ilmu....
a. Hukum
b. Politik
c. Ekonomi
d. Pemerintahan
e. Sosial-budaya
6.      Kemampuan Ideologi untuk mempengaruhi dan menyesuaikan diri dengan perkembangan masyarakat merupakan salah satu dimensi ideologi, yaitu....
a. Realita
b. Idealisme
c. Normativitas
d. Relativitas
e. Fleksibilitas

7.      Pokok persoalan yang dibahas dalam masa sidang I BPUPKI adalah....
a. Hubungan negara dengan agama
b. Rancangan hukum dasar
c. Wilayah negara
d. Bentuk negara
e. Dasar negara

8.      Piagam Jakarta disusun oleh wakil golongan kebangsaan dan islam yang tergabung dalam....
a. Panitia Dasar Negara
b. Panitia Delapan
c. Panitia Sembilan
d. Panitia Sebelas
e. Panitia Perancang UUD
9.      Mana yang merupakan ciri ideologi terbuka?
a. Nilai-nilainya dipaksakan dari luar
b. Berlaku untuk semua aspek kehidupan
c. Isinya tidak langsung operasional
d. Merupakan kerangka gagasan yang beku dan mati
e. Keberlakuan isinya mutlak

10.  Tiga fungsi pokok Pancasila adalah....
a. Pandangan hidup, tujuan hidup, nilai hidup
b. Pandangan hidup, ideologi, dasar negara
c. Lambang negara, jiwa bangsa, ideologi
d. Dasar negara, lambang negara, pertahanan negara
e. Pemersatu, penguat, pengokoh
11.  Bangsa kita tidak dapat menutup diri dari pengaruh budaya yang datang dari luar, yang penting bagi kita adalah....
a. Memilih kebudayaan mana yang baik dan mana yang tidak baik
b. Menerima kebudayaan asing yang sangat kita perlukan saja
c. Menerima semua budaya luar untuk mengejar ketinggalan
d. Menyerap kebudayaan dari luar yang sesuai dengan kepribadian bangsa
e. Menolak semua nilai-nilai asing demi kelestarian budaya bangsa
12.  Pancasila sebagai sebuah dasar negara memuat sebuah nilai dasar, yakni....
a. Nilai yang tercermin dalam setiap kehidupan nyata rakyat Indonesia
b. Nilai yang terwujud dalam kehidupan sosial masyarakat
c. Nilai yang terwujud dalam kehidupan hukum pemerintahan
d. Nilai yang berasal dari budaya atau kultur bangsa Indonesia
e. Nilai yang dalam penerapannya lebih didominasi oleh norma hukum
13.  Pancasila merupakan kepribadian bangsa Indonesia
           Apa maksud ungkapan di atas?
a. Memberikan corak khas bagi bangsa Indonesia
b. Tradisi bangsa Indonesia berbuat sesuai dengan norma
c. Bangsa asing mengenal Indonesia dari kepribadiannya
d. Semua rakyat Indonesia berperilaku dengan baik
e. Diwarisi dari nenek moyang
14.  Secara yuridis konstitusional dasar negara Pancasila lahir pada tanggal....
a. 1 Juni 1945
b. 22 Juni 1945
c. 29 Mei 1945
d. 17 Agustus 1945
e. 18 Agustus 1945
15.  Suatu model atau pola berpikir sebagai upaya untuk melaksanakan perubahan yang direncanakan disebut....
a. Pola pembangunan
b. Strategi pembangunan
c. Paradigma pembangunan
d. Rencana pembangunan
e. Upaya pembangunan
16.  . Pembangunan nasional merupakan usaha bangsa untuk melepaskan diri dari ketergantungan pada bangsa lain. Ini menunjukkan bahwa pembangunan nasional merupakan....
a. Internasionalisasi
b. Emansipasi bangsa
c. Modernisasi
d. Humanisasi
e. Globalisasi
17.  Pelaksanaan pembangunan di Indonesia yang berlandaskan paradigma Pancasila, dimaksudkan agar....
a. Pembangunan berjalan seimbang
b. Terwujudnya masyarakat maju
c. Menghasilkan produk kompetitif
d. Menghasilkan manusia bermoral
e. Terwujudnya masyarakat madani
18.  Agar pembangunan dapat terarah dan bermamfaat bagi manusia, syarat yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut,kecuali....
a. Menghormati hak asasi manusia
b. Meningkatkan kebutuhan manusia
c. Harus demokratis
d. Menciptakan taraf minimun keadilan sosia
e. Arahnya ditentukan oleh seluruh masyarakat
19.  Pembangunan nasional pada hakikatnya adalah pembangunan manusia Indonesia seutuhnya dan pembangunan....
a. Seluruh masyarakat Indonesia
b. Seluruh sektor kehidupan kita
c. Seluruh kebutuhan umat manusia
d. Yang meliputi semua bidang
e. Yang meliputi bidang sosial budaya
20.  Penduduk dalam jumlah besar, apabila dibina secara efektif dan merupakan pembangunan untuk....
a. Menggerakkan pembangunan masa depan
b. Menyerap teknologi tepat guna
c. Memperluas lapangan kerja dimasa depan
d. Meningkatkan tenaga kerja yang produktif
e. Menciptakan lapangan pekerjaan dipedasaan
21.  Bila dalam kehidupan bermasyarakat kita menjunjung tinggi harkat dan martabat orang lain, hal ini sejalan dengan pengamalan sila ....
a. Pertama
b. Kedua
c. Ketiga
d. Keempat
e. Kelima
22.  Peran aktif siswa untuk keberhasilan pembangunan nasional sebagai pengamalan Pancasila adalah....
a. Berperan aktif dalam pembangunan sekolah
b. Aktif dalam kegiatan di sekolah setiap saat
c. Datang ke sekolah tepat waktu setiap hari
d. Tekun, rajin belajar, serta suka bekerja keras
e. Aktif dalam kegiatan sekolah di masyrakat
23.  Masyarakat Indonesia dalam era globalisasi dibanjiri dengan informasi dan produksi luar negeri, meskipun demikian banyak contoh yang menunjukkan rasa bangga kita sebagai bangsa Indonesia, antara lain dengan.....
a. Menggunakan hasil buatan sendiri
b. Berkunjung ke daerah wisata kalau mampu
c. Mendirikan tempat istirahat jika mempunyai uang
d. Kewiraswastaan di daerah yang padat penduduknya
e. Mengentaskan rakyat dan desa tertinggal
24.  Dalam istilah “sistem pemerintahan” kata sistem berarti....
a. Susunan teratur dari pandangan, teori, asas dan sebagainya
b. Seperangkat unsur yang saling berkaitan membentuk totalitas
c. Proses melaksanakan suatu kegiatan
d. Cara atau metode
e. Semua jawaban di atas benar
25.  Pemerintahan dalam arti luas adalah....
a. Pelaksanaan kekuasaan eksekutif dalam suatu negara
b. Pelaksana kekuasaan legislatif dan eksekutif dalam suatun negara
c. Pelaksana kekuasaan legislatif, eksekutif, dan yudikatif dalam suatu negara
d. Pelaksana kekuasaan legislatif dan yudikatif dalam suatu negara
e. Pelaksana kekuasaan legislatif, yudikatif, dan federatif dalam suatu negara
26.  Menurut Polybius, demokrasi adalah bentuk pemerintahan yang akan lahir sebagai reaksi terhadap....
a. Pemerintahan Monarkhi
b. Pemerintahan Tirani
c. Pemerintahan Aristokrasi
d. Pemerintahan Oligarkhi
e. Pemerintahan Oklokrasi
27.  Dalam pelaksanaannya, bentuk pemerintahan republik dapat dibedakan atas republik absolut, konstitusional, dan....
a. Demokrasi
b. Eksraparlementer
c. Parlementer
d. Kerakyatan
e. Presidensial
28.  . Contoh negara yang menganut sistem pemerintahan parlementer adalah....
a. Filipina
b. Indonesia
c. Amerika Serikat
d. Inggris
e. Australia
29.  Negara yang menggunakan sistem pemerintahan presidensial adalah....
a. Inggris
b. Jepang
c. Malaysia
d. Australia
e. Amerika serikat
30.  Asas-asas yang berasal dari nilai budaya bangsa Indonesia yang bersifat abstrak dan umum, relatif tidak berubah namun maknanya selalu dapat disesuaikan dengan perkembangan zaman merupakan pengertian dari nilai....
a.       Nilai abstrak
b.      Nilai dasar
c.       Nilai instrumental
d.      Nilai luhur
e.       Nilai praktis
31.  Penjabaran dari nilai dasar yang berbentuk norma sosial dan norma hukum....
a.       Nilai abstrak
b.      Nilai dasar
c.       Nilai instrumental
d.      Nilai luhur
e.       Nilai praktis
32.  Nilai  yang dilaksanakan dalam kenyataan hidup sehari-hari yang menandakan apakah nilai dasar atau instrumental masih hidup di tengah masyarakat, berbangsa dan bernegara merupakan pengertian dari nilai....
a.       Nilai abstrak
b.      Nilai dasar
c.       Nilai instrumental
d.      Nilai luhur
e.       Nilai praktis

33.  Nilai Sila IV diliputi dan dijiwai oleh Sila....
a.      I, II, III
b.      I,II,V
c.       II,III,V
d.      I,IV,V
e.       II,III,IV
34.  UUD 1945 Pasal 1 ayat 1 yang berbunyi….
a.       Kedaulatan berada di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut Undang-Undang Dasar.
b.      Negara Indonesia adalah negara hukum.
c.       Negara Indonesia ialah Negara Kesatuan, yang berbentuk Republik.
d.      Pemerintah memajukan kebudayaan nasional Indonesia.
e.       Setiap orang berhak untuk hidup serta berhak mempertahankan hidup dan kehidupannya.

35.  Anggapan-anggapan  dasar yang membentuk suatu keyakinan, disebut......
a.       Nilai dasar
b.      Nilai Instrumental
c.       Paradigma
d.      Nilai Praksis
e.       Nilai operasional
36.  Yang dimaksud Pancasila sebagai sumber nilai adalah....
a.        Kehidupan bangsa indonesiai tu harus sesuai dengan kepribadiannya
b.       Keberhasilan kemajuan bangsa Indonesia diukur dengan kepribadiannya
c.        Yang menjadi sumber ukuran baik atau buruk adalah kepribadiannya
d.       Masyarakat Indonesia yang maju adalah yang tinggi inteleknya..
e.        Selalu menunjukkan bangsa dan negaranya.


37.  Pancasila sebagai paradigma pembangunan maksudnya....
a.      Bangsa Indonesia maju dan mampu bersaing dengan bangsa lain
b.     Menciptakan kondisi bangsa Indonesia sesuai dengan kepribadiannya
c.     Ukuran keberhasilan pembangunan adalah penyerapan tekhnologi
d.    Pembangunan  yang dilaksanakan mengacu pada standar nilai yaitu Pancasila
e.     Pembangunan itu harus mampu menyerap tenaga kerja dan tekhnologi
 

38.  Bangsa Indonesia memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh bangsa lain.  Hal ini sesuai dengan kertangka pikir Pancasila sebagai.....
a.     Dasar negara
b.    Pandanagan hidup Bangsa
c.     Jiwa dan kepribadian bangsa
d.    Pedoman bangsa Indonesia
e.     Perjanjian luhur bangsa Indonesia


39.  Suatu model atau pola berpikir sebagai upaya untuk melaksanakan perubahan yang direncanakan disebut.....
a.    Strategi pembangunan
b.    Pola pembangunan
c.    Upaya pembangunan
d.   Paradigma pembangunan.
e.    Rencana Pembangunan
40.  UUD 1945 Pasal 33 ayat 1 yang berbunyi….
a.       Kedaulatan berada di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut Undang-Undang Dasar.
b.      Negara Indonesia adalah negara hukum.
c.       Negara Indonesia ialah Negara Kesatuan, yang berbentuk Republik.
d.      Pemerintah memajukan kebudayaan nasional Indonesia.
e.       Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas azas kekeluargaan







0 comments:

Post a Comment

 
Copyright gudang ceritaku 2009. Powered by Blogger.Designed by Ezwpthemes .
Converted To Blogger Template by Anshul .